Pemasaran Efektif Menggunakan Brosur

Brosur merupakan sebuah aspek penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan untuk memasarkan suatu produk. Banyak sekali jasa desain grafis yang menawarkan jasa pembuatan brosur. Hal ini dikarenakan brosur berperan sangat penting untuk mempromosikan produk dari suatu perusahaan.

Apa itu brosur dan apa hubungannya dengan pemasaran efektif?

Brosur memiliki pengertian yaitu sebuah alat publikasi yang resmi dikeluarkan oleh perusahaan sebagai sarana promosi untuk produk. Brosur biasanya berisi berbagai informasi yang diperlukan oleh konsumen untuk mencari tahu tentang produk perusahaan tersebut.

Sebagai sumber informasi bagi konsumen, suatu brosur hendaklah dibuat semenarik mungkin. Brosur yang baik memiliki berbagai kriteria. Di bawah ini akan kami sebut dan jelaskan berbagai kriteria brosur agar terlihat menarik :

  1. Berisi pesan informasi yang sangat detail

Brosur haruslah memuat informasi tentang produk yang akan sangat dibutuhkan oleh pembeli. Detail informasi yang disajikan haruslah mudah dimengerti oleh semua lapisan masyarakat. Detail informasi ini bisa berupa spesifikasi produk, detail harga produk, keuntungan apa yang akan didapatkan jika memilih produk, dan lain sebagainya. Brosur juga bisa memuat logo, motto produk, dan juga gambar produk.

  1. Pesan ajakan yang menarik perhatian pembeli

Selain berisi informasi tentang produk, brosur hendaknya mengandung pesan tertentu yang bisa dituliskan secara tersirat maupun tersurat akan ajakan kepada calon pembeli untuk mempertimbangkan produk yang sedang ditawarkan.

  1. Didesain semenarik mungkin

Sebagian besar manusia merupakan makhluk visual. Pembuatan desain brosur harus dilakukan semenarik mungkin dnegna desain yang berbeda dengan perusahaan lain. Disarankan untuk memanfaatkan isu-isu terkini sebagai lini pertama dalam brosur agar perhatian pembeli terfokus pada detail informasi produk yang akan ditawarkan. Brosur juga hendaknya menampilkan gambar-gambar yang memudahkan pembeli untuk mempertimbangkan produk pada brosur tersebut.

  1. Memiliki resolusi tinggi

Pemilihan kertas brosur juga menentukan kualitas brosur. Brosur yang mengkilat akan terlihat lebih menarik daripada kertas brosur yang menggunakan kertas biasa. Namun memang harga kertas brosur yang berkualitas tinggi berbeda dengan yang hanya menggunakan kertas buram atau kertas biasa. Hal ini harus menjadi pertimbangan kebijakan perusahaan dalam penghitungan anggaran untuk pembuatan brosur.

  1. Memiliki sistem distribusi sendiri sehingga dibedakan dari media promosi lain

Brosur berupa lembaran kertas yang harus dibagikan secara langsung kepada target konsumen. Jadi ketika brosur telah jadi, harus dikerahkan personel untuk membagikan brosur tersebut secara gratis. Atau brosur bisa ditempelkan ke media iklan yang sudah disediakan oleh pemerintah. Namun tetap saja proses pendistribusian brosur memerlukan personel.

Hingga saat ini brosur memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap pengaruh minat konsumen kepada produk yang dicantumkan dalam isi brosur. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat brosur memang tidak setinggi biaya promosi lewat media sosial atau media massa seperti televisi.

Penyediaan informasi yang dikemas dalam sebuah brosur mampu mendorong seseorang untuk mempertimbangkan kembali pilihan untuk menggunakan produk yang ditawarkan atau tidak. Oleh karena itu dalam membuat sebuah brosur, harus digunakan kata-kata yang jelas dan mudah dimengerti.

Perusahaan juga harus lebih menonjolkan kelebihan produknya daripada produk lain tanpa menyinggung merek produk lain pada brosurnya. Sehingga calon pembeli dengan mudah mengetahui produk yang akan dibeli tersebut. Pada dasarnya memang penggunaan brosur sudah diakui sebagai salah satu cara memasarkan produk dengan sangat efektif

Scroll to Top
Konsultasi? Hubungi Kami