Kemasan Produk Menarik Akan Mendongkrak Omset Anda

Para pengusaha pada jaman milenial seperti sekarang ini berlomba-lomba untuk menarik minat para pembeli dengan berbagai cara. Mereka melakukan segala cara seperti mempromosikan produknya melalui televisi, melalui media sosial, dan juga mnearik minat calon pembeli dengan mengemas produk mereka dalam kemasan yang berbeda. Seperti yang kita tahu, memang kemasan produk yang menarik akan mendongkrak omset anda. Untuk itu simak ulasan berikut ini.

Pentingnya Kemasan Produk Dan Fungsinya

Kemasan atau yang sering disebut dengna packaging dalam bahasa Inggris, adalah bagian terluar dari sebuah produk untuk melindungi produk tersebu dari hal-hal yang tidak diinginkan dari luar. Hal-hal yang tidak diinginkan tersebut meliputi goncangan, benturan, serta perubahan cuaca yang bisa merusak barang dalam proses distribusi atau selama belum diterima oleh konsumen.

Kemasan tersebut selain berguna untuk melindungi produk dalam perjalanan menuju toko, juga bisa untuk penjaga barang ketika sudah berada di tangan konsumen, sehingga produk tidak mudah basi atau rusak.

Sebagai bagian terluar dari suatu produk, maka yang ditangkap oleh calon pembeli pertama kali dalam melihat barang adalah kemasannya. Kemasan bisa disebut sebagai image dari sebuah produk, atau dalam kata lain kemasan bisa membawa citra produk. Sebuah produk dengan kualitas yang bagus namun tidak disertai dengan kemasan yang bagus akan membuat produk tersebut kurang diminati oleh pembeli.

Sebaliknya, kemasan yang sangat menarik apabila tidak diimbangi dnegna kualitas produk yang mumpuni dan tidak sesuai harga akan menyebabkan pembeli tidak akan membeli produk itu lagi. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan kepada anda fungsi kemasan satu persatu kepada anda.

Fungsi Kemasan Dan Pengaruhnya Terhadap Proses Marketing

Berikut ini adalah fungsi kemasan produk secara umum :

  1. Sebagai wadah produk yang berguna untuk melindungi produk dari segala macam gangguna dari luar yang bisa membahayakan dan merusak produk. Hal ini dikarenakan bentuk produk yang beragam sehingga memerlukan bentuk kemasan yang beragam pula. Sepertinya produk makanan butuh kemasan yang kedap udara, produk cairan butuh wadah dengan tutup yang rapat dan tersegel, produk pecah belah memerlukan busa sebagai penyangga produk di dalam kemasan, dan lain sebagainya.
  2. Sebagai identitas sebuah produk. Kemasan berisi informasi-informasi penting yang akan memudahkan calon pembeli untuk menelisik spesifikasi produk, apakah sesuai dengan yang ia inginkan atau tidak. Informasi ini biasanya meliputi spesifikasi produk, komposisi produk apabila berbentuk produk makanan, efek samping produk yang berbentuk obat-obatan, dan lain sebagainya.
  3. Sebagai pengaman produk, terutama produk makanan. Biasanya produk makanan memiliki tanggal kadaluarsa. Tanggal ini menentukan sampai kapan makanan kemasan tersebut boleh dikonsumsi. Dan kemasan yang baik menentukan apakah produk makanan tersebut tahan lama atau tidak.
  4. Memudahkan penghitungan stok produk. Kemasan juga berfungsi untuk memudahkan bagian penjaga gudang untuk menghitung satuan produk yang akan dijual. Oleh karena itu kemasan juga sangat penting bagi suatu produk.

Membuat kemasan produk yang menarik perhatian calon pembeli merupakan sesuatu yang sangat penting, karena kemasan merupakan hal pertama yang dilihat oleh pembeli. Cara yang bisa dilakukan untuk memberi daya tarik kemasan adalah menggunakan warna-warna cerah serta desain yang menarik, memberi keterangan seperti quotes atau kata-kata mutiara di bagian kemasan, dan lain sebagainya. Dan ada juga hal lain yang bisa membuat kemasan menarik, karena kemasan yang menarik terbukti bisa meningkatkan omset penjualan kita.

Scroll to Top
Konsultasi? Hubungi Kami