Mengapa anda perlu memiliki logo bagi usaha anda?

Pada masa pandemi, dunia digital makin berkembang. Jauh lebih besar dari dua tahun terakhir. Ini dikarenakan adanya kewajiban menjaga jarak yang membuat pergerakan masyarakat dibatasi. Usaha baru berbasis internet banyak yang hadir menambah usaha lain yang sudah ada. Jasa desain logo diperlukan untuk kondisi demikian.

Apa yang dimaksud dengan logo? Dari beberapa literatur, diketahui bahwa logo berasal dari Bahasa Yunani Kuno. Logos, kata yang artinya pikiran, budi, kata, akal, dan pembicaraan. Secara istilah logos adalah perpaduan satu atau dua garis, huruf, warna, gambar, atau sktesa yang menjadi identitas perusahaan atan entitas lain.

Kata di atas pertama kali digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sekitar tahun 1800, tetapi tidak berdiri sendiri. Kata yang dipakai adalah logotype.

Apa yang Anda bayangkan tentang sebuah logo? Lihatlah logo yang berada di sekitarmu! Dapatkah kamu mengartikannya?

Milenial mungkin mengenal Twitter dan lambangnya. Pemirsa televisi dapat melihat logo setiap stasiun televisi setiap hari.

Masing-masing logo mempunyai makna dan folosofi sendiri sesuai dengan jenis usaha. Di sini peran jasa desain logo sangat penting.

Mengapa? Anda mungkin saja dapat membuat logo sendiri dari template yang ada. Namun, belum tentu hasilnya memuaskan, Apalagi membuatnya tentu membutuhkan waktu khusus. Sebaiknya sebagai pemilik usaha, akan lebih baik jika Anda fokus dengan perkembangan usaha. Bagian desain dan lain-lain diserahkan kepada ahlinya.

Logo yang Dibuat oleh Jasa Desain Logo

Pentingkah logo bagi perusahaan atau Lembaga lain? Bagaimana kalau tidak membuatnya terlebih dahulu? Nanti saja jika diperlukan.

Jika Anda mempunyai pemikiran seperti itu, ketahui terlebih dahulu fungsi logo di bawah ini.

  1. Branding dan Identitas

Branding merupakan cara orang lain di luar Anda atau perusahaan mengenal. Anda ingin dikenal sebagai pengusaha garmen, fashion, kue, ibu rumah tangga, atau karyawan semua sesuai dengan branding yang ingin ditampilkan. Dalam bahasa awam, branding mirip dengan identitas.

Jika Anda seorang ibu rumah tangga, di media sosial dan lainnya Anda akan menampilkan beberapa foto keluarga dan kegiatan sehari-hari. Dengan demikian, Anda akan tahu profesi sehari.

Nah, jika Anda ingin perusahaan atau bisnis dikenal yang ditampilkan lebih sering  adalah logo dan produk. Lakukan terus menerus hingga logo dan produk usaha identik dengan diri dan usaha yang dimiliki.

  1. Memberikan Informasi

Apa yang diperbuat oleh logo hingga dapat menjadi branding? Informasi lebih tepatnya.

Hanya dengan melihat tulisan dan gambar, orang dapat memahami jenis perusahaan apa yang dimiliki.

Contoh, logo hijau pada media social WhatsApp. Bentuknya adalah balon percakapan. Itu memang terlahir karena memang awalnya WhatsApp didirikan sebagai media tempat seseorang dapat mengirim pesan dan gambar.

Logo lain, misalnya gambar mie ayam di sebuah mangkok dan di bawahnya tulisan tertentu. Dari sana Anda dapat tahu bahwa terdapat penjual mie ayam enak atau seseorang yang sering menggunakan logo tersebut adalah produsen mie ayam.

  1. Memberikan Motivasi

Setiap bisnis dan usaha tentu mempunyai visi dan misi, serta tujuan meski tidak dituliskan. Hal tersebut menjadi alur atau batasan kegiatan yang harus dilakukan dalam opreasional.

Selain itu, visi dan misi juga merupakan motivasi jangka panjang untuk tetap menjalankan usaha yang tidak mudah.

Nah, logo juga memberikan motivasi untuk hal tersebut karena memang merupakan interprestasi dari visi dan misi serta ide usaha.

Di luar itu, beberapa logo juga memberikan motivasi kepada siapa saja yang melihatnya. Misalnya, gambar kepalan tangan yang disertai dengan tulisan “kita bisa”. Logo yang seperti ini memberikan semangat kepada orang lain bahwa apa saja dapat dilakukan dengan pemikiran positif dan kerja keras.

  1. Menggugah Emosi

Logo dapat juga menggugah emosi.

Untuk yang berpromosi, tentu saja logo dapat menggugah emosi. Orang yang haus akan berhenti dan mampir ke warung yang menyediakan minuman segar saat melihat tulisan dan logo di depannya.

Bahkan, orang yang awalnya tidak lapar saja bisa tergugah emosi dan seleranya saat melihat logo dari makanan yang tampak lezat. Begitu pula jika melihat logo terkenal sebuah fashion yang sudah dipercaya. Anda yang tidak membutuhkan baju baru akan membelinya.

Ada pula logo lain yang memberikan emosi berbeda. Seperti melihat sebuah gambar ibu yang sedang menyusui anaknya. Apa yang Anda pikirkan?

  1. Sebagai Sarana Presentasi

Logo juga menjadi sarana presentasi sederha dan dalam keadaan mendadak.

Di saat tertentu, Anda dapat menjelaskan satu per satu bagian logo dan warnanya. Dengan demikian, secara tidak langsung gambaran usaha dan bisnis akan ditangkap orang lain.

Dari sana, Anda juga dapat menjelaskan rencana jangka panjang dan pendek agar orang lain dapat tertarik untuk bekerja sama.

Kegunaan logo sebagai sarana presentasi membuat segalanya lebih sederhana. Anda dapat kapan saja menjelaskan usaha yang sedang dijalankan, seperti saat bertemu teman lama, dan lain-lain.

Logo di sini juga sama fungsinya dengan lambing suatu organisasi atau lambing negara. Keduanya juga merupakan identitas. Lambang negara adalah indentitas negara. Dengan melihatnya saja, Anda sudah dapat memahami apa falsafah hidup bangsa tersebut.

  1. Sebagai Sarana Promosi

Terakhir dan paling penting adalah logo sebagai sarana promosi.

Bagian ini sebenarnya secara sekilas sudah dijelaskan dalam fungsi sebelumnya.

Ketika branding sudah terbentuk, informasi tersampaikan, motivasi dan emosi didapat, maka apa saja yang Anda inginkan dari konsumen akan tercapai.

Jika demikian, usaha akan melejit. Produk yang terjual akan makin banyak. Apalagi dunia marketing jangkauannya sangat luas. Tidak hanya dalam negeri tetapi juga luar negeri.

Itulah beberapa fungsi logo yang dapat dibuat oleh jasa desain logo. Apakah Anda mau melewatkan semuanya? Tidak bukan?

Nah, jika Anda ingin segera membuat logo langsung saja pesan dengan langkah-langkah di bawah ini.

  • Siapkan data perusahaan yang diperlukan
  • Siapkan pula ide yang dimiliki untuk desain
  • Memilih jasa desain yang tepat. Anda dapat memilihnya berdasarkan rekomendasi teman dan kerabat atau testimoni konsumen lain. Selain itu, jasa desain professional juga dapat dipilih dengan memperhatikan dengan cermat beberapa usaha sejenis. Ada cara memilih jasa desain logo professional dan murah.
  • Menghubungi customer service untuk lebih meyakinkan pilihan
  • Berkonsultasi tentang desain, termasuk jika Anda memang belum mempunyai konsep. Konsep harus disepakati dan ada bukti bagi masing-masing pihak agar dapat konsep tidak melenceng.
  • Transaksi atau pembayaran di muka, itu sebabnya jasa yang dapat dipercaya harus dipilih, Jangan sampai uang sudah ditransfer dan logo yang dimaksud tidak kunjung diperoleh.
  • Desain selesai dan melakukan revisi sesuai kesepakatan. Mungkin ada detil warna dan bentuk yang tidak sesuai. Harus diingat, setiap perusahaan jasa logo mempunyai aturan yang berbeda tentang hal ini. Ada yang tidak memberikan revisi atau revisi satu sampai tiga kali.
  • Logo siap digunakan.

Bagaimana? Anda siap melejit bersama jasa desain logo? Tunggu apa lagi? Semua harus dimulai dari sekarang!

Scroll to Top
Konsultasi? Hubungi Kami