Ada banyak sekali taktik product branding, misalnya yang ada di media informasi konservatif hingga online dan sering digunakan oleh beberapa marketer untuk meningkatkan product branding. Tapi masalah terpenting adalah kegagalan menerapkannya. Ingat, kesadaran merek penting sebelum daya tarik magnet seseorang terbentuk untuk membeli produk Anda. Misalnya, brand awareness itu seperti pengenalan, tanpa pengenalan yang luas, tidak ada peluang closing yang cukup besar.
Bagi para pebisnis pemula sebaiknya mengetahui dulu level dalam meningkatkan product branding karena beberapa telah melakukan kesalahan seperti langsung menggunakan brand ambassador (Endors). Faktanya, menggunakan duta merek dapat memungkinkan kesuksesan menjadi lebih cepat, tetapi jika Anda memiliki anggaran yang minim, Anda harus melakukan beberapa hal yang Anda lakukan sendiri dan setelah sukses Anda dapat menggunakan duta merek.
Beberapa kekurangan dari endors adalah semakin populernya aktris atau orang terkenal yang anda pilih, karena itu semakin banyak budget yang perlu anda keluarkan dan kekurangan yang kedua adalah target market yang salah sehingga produk yang anda jual tidak laku dengan baik.
Di bawah ini adalah taktik pencitraan merek dan contoh yang dapat Anda terapkan untuk membuat kesadaran merek selangkah demi selangkah dan menghasilkan lebih banyak kepuasan bagi pelanggan.
- Buat Logo Produk Anda Sendiri
Kemungkinan jumlah simbol yang banyak merupakan poin penting bagi perusahaan besar, namun ternyata hal tersebut tidak benar karena merupakan simbol penting bagi perusahaan baru, bisnis baru, hingga toko online yang baru memulai. Logo produk dan bisnis sangat berguna bagi seseorang untuk mengingat toko Anda melalui gambar visual, sehingga Anda dapat menggunakan perangkat lunak grafis Photoshop atau menggambar secara manual, dicat secara konservatif dan kemudian dipindai untuk dipindai di PC atau laptop. Untuk membuat taktik branding produk melalui logo produk, setidaknya Anda harus memiliki ide yang Anda buat, misalnya:
- Jelaskan barang dagangan atau layanan yang sama yang Anda jual.
- Mudah diingat.
- Warna yang indah dan menarik.
- Manfaatkan marketplace yang besar
Strategi branding marketplace adalah salah satu taktik yang biasa ditemukan untuk bisnis startup. Pemanfaatan marketplace sangat baik dalam menunjang pengunjung dan pengenalan produk di dunia maya, terdapat berbagai contoh market place seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lain-lain. Maka seorang pebisnis dituntut peka dalam menyikapi perubahan zaman, jika tidak ikut serta dalam pemanfaatan teknologi maka akan berpengaruh pada merchandise yang dimilikinya.
Menariknya produk yang Anda miliki, tidak diketahui oleh masyarakat luas dan tidak mencapai closing yang memberikan kepuasan. Cara yang harus Anda lakukan untuk mendaftar marketplace, masuk ke tokopedia.com, lanjutkan mengisi beberapa data yang Anda miliki dan upload logo produk jadi Anda. Setelah proses registrasi selesai, isi etalase barang dagangan Anda, buatlah gambar yang sangat menarik agar dapat dengan mudah dikenali oleh calon pelanggan.
- Pemasaran Menggunakan Media Sosial
Taktik branding produk di media sosial memang dibutuhkan, mengingat pengguna media sosial hampir mengalami peningkatan, bahkan hampir semua orang pernah. Bagi perusahaan yang baru saja meningkatkan bisnisnya, dapat digunakan untuk meningkatkan branding individu atau identitas perusahaan. Strategi digital marketing di media sosial yang perlu Anda lakukan adalah mengambil salah satunya, misalnya Instagram.
Dalam hal ini media yang akan diambil adalah Instagram dan konten yang di dalamnya adalah video atau gambar, jadi setidaknya Anda harus mengunggah jenis konten tersebut. Gunakan logo siap pakai untuk profil Instagram Anda, dan mulailah dengan mengunggah konten, mengikuti beberapa orang, terhubung dengan seseorang menggunakan fitur DM, menggunakan penargetan hashtag (#) dengan barang dagangan Anda.