Logo untuk suatu perusahaan biasanya memiliki peran penting seperti halnya nama merk perusahaan. Sebuah logo biasanya dibentuk pada awal pembentukan perusahaan. Pemilihan logo perusahaan harus dilakukan dengan ekstra hati-hati. Perlu dilakukan survey dan rapat agar logo yang idpilih nanti tidak membawa dampak buruk bagi perusahaan.
Logo Dan Pengaruhnya Terhadap Perusahaan
Logo merupakan sebuah simbol yang merupakan suatu kesatuan huruf, angka, gambar, dan warna yang berfungsi untuk menjadi simbol sebuah perusahaan tertentu. Logo ini sudah lama digunakan orang untuk memberi ciri khas pada perusahaan maupun produk yang perusahaan mereka produksi.
Ketika sebuah perusahaan berembug untuk menentukan bentuk logo perusahaan mereka, maka segala aspek yang berkaitan dengan logo akan dibahas. Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh banyak ilmuwan, perusahaan penggguna logo sebesar 95% memilih kombinasi dua warna untuk logo mereka.
Sedangkan sebanyak 41% koresponden perusahaan mereka menggunakan teks pada logo mereka. Dan hanya 5% dari seluruh koresponden yang menggunakan kombinasi lebih dari 2 warna. Memang menurut penelitian, logo sangat berpengaruh pada psikologi seseorang. Oleh karena itu pemilihan warna logo yang baik akan mempengaruhi tanggapan pembeli terhadap logo perusahaan.
tips Memilih Warna Dasar Untuk Logo Usaha
Untuk memilih warna dasar pada logo, anda perlu mengetahui hakikat arti dari masing-masing warna yang akan digunakan untuk warna logo. Berikut ini akan kami jelaskan arti dari warna yang bisa digunakan untuk warna logo :
- Warna merah
Karakter yang ditampilkan warna merah biasanya berkesan pemberani dan agresif. Warna merah sangat cocok digunakan untuk logo perusahaan yang mencerminkan gairah dan semangat bersaing yang tinggi dengan perusahaan lainnya. Kesan hangat, energetif, provokatif, menarik perhatian, dan penuh energi juga merupakan kesan yang ditampilkan oleh logo berwarna merah. Warna merah seringkali digunakan sebagai logo perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan industri serta makanan minuman.
- Warna biru
Logo yang menggunakan spektrum warna biru biasanya menghadirkan kesan elegan dan profesionalitas. Warna ini mampu membuat perusahaan yang menggunakannya tercermin sebagai perusahaan yang memiliki citra perusahaan yangg profesional dan berintegritas. Biasanya perusahaan ynag memiliki logo berwarna biru adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan industri.
- Warna kuning
Warna kuning menghadirkan kesan intelektual, ceria, ramah, dan optimisme. Logo perusahaan yang menggunakan logo berwarna kuning biasanya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Hal ini dikarenakan produk makanan dan minuman seringkali akan membuat para pelanggan bahagia hanya dengan menyantapnya.
- Warna cokelat
Sebuah logo perusahaan yang menggunakan warna coklat biasanya akan menampilkan kesan dewasa dan kematangan manajerial. Kesederhanaan juga menjadi arti warna logo yang berwarna cokelat. Selain warna hijau, cokelat sangat menggambarkan kedewasaan dan kealamian. Apabila sebuah perusahaan menggunakan logo warna cokelat, kemungkinan besar mereka akan menonjolkan kesederhanaan pada perusahaan mereka namun tetap memberikan yang terbaik bagi para pelanggan.
Beberapa hal diatas merupakan penjelasan dari masing-masing arti warna dari sebuah logo. Sebagai perusahaan yang ingin kelnagsungan hidup perusahaan selalu berjalan lancar tanpa adanya hambatan, hendaklah perusahaan tersebut mempersiapkan dengan matang bentuk logo dan warna logo seperti apa yang akan mereka gunakan. Karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa warna logo mampu mempengaruhi pelanggan untuk memilih perusahaan tersebut sebagai perusahaan yang mereka percayai.