Punya Kemampuan Jasa Desain Grafis? Ini Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk Anda!

Tidak semua orang mempunyai kemampuan membuat suatu desain. Memadukan garis, titik, huruf, gambar, dan warna menjadi sesuatu yang bernilai seni, indah, dan bermakna lebih. Meski kini banyak perguruan tinggi dan lembaga informal yang menyelenggarakan pendidikan desain bidang ini, masih belum banyak yang meliriknya!

Padahal, di era digital jasa desain grafis sangat diperlukan lho!

Ya, bagaimana seseorang yang di rumah saja dapat tertarik untuk membeli suatu produk? Desain grafis yang berupa gambar dan kata yang menarik mereka. Seseorang yang awalnya tidak ingin membeli mie, tertarik dan merogoh kantong karena melihat iklan yang menggugah seleranya.

Ini Pekerjaan yang Dapat Ditekuni Seseorang yang Mempunyai Keahlian Jasa Desain Grafis

Anda yang belum pernah menggunakan jasa desain untuk diri sendiri dan bisnis, akan bertanya-tanya dalam hati. Pertanyaan yang paling sering adalah bekerja di mana kelak seorang desainer grafis? Usaha apa saja yang membutuhkannya?

Kedua pertanyaan di atas terjawab dengan memperhatikan beberapa jenis pekerjaan dan posisi yang membutuhkan Anda lulusan Desain grafis.

  1. Biro Iklan

Biro iklan menyediakan jasa marketing atau iklan di media cetak, elektronik, dan internet.

Meski sudah mulai jarang, beberapa media cetak masih beroperasi dan desainer diperlukan untuk membuat tata letak dan isi iklan. Begitu pula jika membuat iklan elektronik, atau internet seperti yang sudah banyak dilakukan orang lain.

  1. Studio Desain

Studio desain merupakan jasa desain grafis sejenis agensi. Mereka mempertemukan antara konsumen dan produsen dengan caranya.

Mereka membuat cover majalah, katalog, poster dan lain-lain. Studio ini juga menerima pesanan membuat pola tekstil, pola dekorasi rumah seperti wallpaper, dan lain-lain.

Di sini, ketiga pihak memperoleh keuntungan yang disepakati bersamma.

  1. Percetakan

Percetakan pada dasarnya merupakan yang mewujudkan desain yang telah dibuat ke dalam bentuk barang.

Misalnya, undangan dalam bentuk fisik dan brosur untuk disebarkan ke konsumen.

Meski sudah ada studio desain, beberapa percetakan sekaligus menyediakan jasa desain. Ini diperlukan untuk memudahkan orang yang datang mencetak sesuatu yang masih berupa konsep.

Biasanya harga desain di usaha percetakan sudah disatukan dengan desain dalam bentuk paket.

  1. Perusahaan Branding

Perusahaan branding hampir sama dengan marketing.

Mereka menyediakan segala hal yang dapat membuat branding seseorang atau perusahaan. Selain logo, perusahaan menyediakan jasa desain dan cetak stasionary kit, marketing kit buku manual guide, dan lain-lain.

  1. Media Massa

Berdasarkan alat yang digunakan media massa kini terdiri dari media cetak, elektronik, dan internet.

Pada media massa, jelas desain dibutuhkan untuk tata letak tulisan dan iklan. Di sisi lain, edia elektronik memerlukan desainer grafis untuk gambar menarik yang ditampilkan dalam iklan. Sementara untuk internet, desainer dibutuhkan untuk membuat gambar-gambar dan tulisan menarik untuk ditampilkan.

  1. Perusahaan Swasta

Perusahaan swasta perorangan atau kelompok disebut sebagai pemakai utama jasa desainer grafis.

Mereka membutuhkan branding, membuat kemasan produk, membuat logo, atau dekorasi rumah tergantung bidang usaha perumahan.

  1. Penerbit

Penerbitan sedikit berbeda dengan percetakan. Usaha mencetak tulisan dan gambar tidak bertanggung jawab dengan isinya. Penerbit umumnya menyusun dan mencetak buku ber-ISBN dalam jumlah tertentu.

Di sini, jasa desain diperlukan untuk membuat ilustrasi buku, cover, dan layout atau tata letak halaman.

Masih adakah jenis pekerjaan yang membutuhkan jasa desain grafis? Tentu saja di atas hanya uraian sedikit saja. Ada blogger, marketing, toko online, sekolah, dan lain-lain yang memerlukan desain grafis. Apakah Anda dan perusahaan salah satunya?

Scroll to Top
Konsultasi? Hubungi Kami