Perhatikan 5 Cara Memilih Jasa Desain Grafis Ini agar Hasilnya Memuaskan!

Di era digital, pembeli tidak lagi bertemu langsung dengan penjual. Transaksi dapat berlangsung meski keduanya berjauhan. Semuanya terjadi melalui sesuatu yang disebut dengan internet. Sesuatu yang mungkin tidak terbayangkan sepuluh atau dua puluh tahun yang lalu. Apalagi jika berpikir tentang jasa desain grafis.

Desain grafis saat ini juga sudah jauh berkembang dibandingkan puluhan tahun lalu. Gambar-gambar yang dulu dibuat secara manual kini tidak lagi. Komputer sebagai alat pendukung dari internet, juga sudah dapat membuat semua jenis desain grafis dengan lebih bervariasi dan cepat.

Tidak hanya itu, desain grafis juga sangat dibutuhkan banyak orang dengan berbagai variasi.

Tips Memilih Jasa Desain Grafis Secara Online

Apa profesi atau kegiatan yang saat ini sedang Anda jalankan? Hampir semua pasti membutuhkan desain grafis, seperti branding, logo, template, dan lain-lain.

Banyak jasa yang menawarkan produk ini, Anda harus memilihnya dengan teliti berdasarkan kriteria berikut.

  1. Mempertimbangkan Identitas

Anda bisa memilih ahli desain dengan membuat kontes atau lomba desain, mencari jasa freelance, menggunakan agen atau usaha desain grafis.

Yang pasti, untuk hasil yang bagus, Anda harus mempertimbangkan identitas dan reputasi desainer. Apalagi di dunia maya, di mana pada dasarnya pembeli dan penjual tidak saling mengenal.

Sebagai konsumen, Anda sering dihadapkan pada pembayaran di awal.

Anda dapat mengetahui identitas desainer dari profil, sosial media, dan banyak data lain di internet.

  1. Mempertimbangkan Pengalaman

Makin banyak pengalaman desainer, diyakini kualitas desainnya berbanding lurus.

Tidak perlu pengalaman melayani konsumen. Desainer yang rajin akan selalu membuat hal baru.

Di mana Anda dapat mengetahui pengalaman tersebut? Intip saja website dan sosial media yang dimiliki. Di sana biasanya akan ada daftar klien yang pernah bekerja sama. Paling tidak, di sana ada  contoh hasil karya yang pernah dibuat.

Anda dapat melihat dan mempertimbangkan kecocokan hasil desain yang sudah pernah dibuat dengan selera dan kebutuhan.

  1. Mengetahui Testimoni Konsumen Sebelumnya

Selain melihat pengalaman, hal yang harus dipertimbangkan selanjutnya adalah testimoni konsumen.

Umumnya, yang dilihat oleh konsumen tidak hanya kualitas, tetapi juga pelayanan dan hubungan kerjasama yang bagus antara produsen dan mereka.

Testimoni dapat diketahui dengan mengetikkan nama atau perusahaan yang menyediakan jasa desain. Di mesin pencarian raksasa, Google, kemungkinan besar testimoni mudah ditemukan.

Testimoni juga dapat Anda lihat dari rekomendasi teman. Sementara di website atau sosial media perusahaan, tentu saja kebanyakan yang dituliskan adalah testioni positif.

  1. Mengetahui Latar Belakang Pendidikan Pembuat Desain Grafis

Setiap konsumen tentu saja mempunyai kriteria sendiri atas rancangan desain yang dipesan.

Sebaiknya, Anda memilih desainer dengan latar belakang pendidikan desain grafis, baik dari sekolah formal maupun informal. Desainer yang demikian tidak hanya memahami pembuatan dengan aplikasi ilustrator atau photosop. Mereka juga memahami berbagai operasi software grafis yang membantu desain secara luas.

  1. Membandingkan Harga Beberapa Jasa Sejenis

Terakhir, bandingkan harga antar satu jasa dengan lainnya. Tentu saja membandingkan di sini tidak hanya dilihat dari nilai nominal saja.

Anda harus memadukan antar kualitas, pengalaman, dan pelayanan yang sempurna.

Umumnya desainer dengan pengalaman cukup banyak dan berkualitas akan memberikan harga lebih mahal. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa pemula juga mempunyai kemampuan yang sama dengan harga lebih terjangkau.

Itulah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan saat memilih jasa desain grafis. Semoga bermanfaat!

Scroll to Top
Konsultasi? Hubungi Kami