Company Profile Perusahaan, Perhatikan Ini untuk Membuatnya

Company profil perusahaan merupakan sebuah profil identitas suatu usaha atau bisnis yang harus dimiliki. Dengan membacanya saja, orang lain akan memahami sejarah perusahaan, proses, produk, hingga kondisi tertinggi.

Tidak banyak yang menanggap hal ini penting di awal pembuatan bisnis. Namun sesungguhnya, profil perusahaan akan membuat bisnis lebih maju, membantu konsumen mengenal Anda, branding, dan membantu menarik investor apabila diperlukan.

Pengertian Company Profil Perusahaan

Company profil perusahaan terdiri dari 3 kata yang di sini didefinisikan masing-masing.

Company profil merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris.

Company artinya perusahaan dalam makna luas. Artinya mungkin saja perusahaan bisnis, perusahaan negara, organisasi, lembaga keuangan, dan lain-lain.

Sementara itu profil dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dapat diartikan ke dalam 3 hal, yaitu pandangan dari samping wajah orang; lukisan geometri dari bagian samping; penampang tanah, gunung, dan sebagainya; dan grafik atau ihtisar yang memberikan informasi atau fakta tertentu.

Dilihat dari pengertian di atas, profil merupakan identitas dari sesuatu secara khusus sehingga dapat dikenali oleh orang lain dengan mudah.

Perusahaan merupakan bahasa Indonesia dengan arti sama. Kata ini hanya ingin menegaskan bagian depannya saja, bahwa perusahaan yang dimaksud adalah kerajaan bisnis seseorang dalam skala kecil atau besar.

Jadi, company profil perusahaan adalah suatu cara perusahaan dalam bentuk bisnis untuk menggambarkan dirinya kepada publik mengenai kelahirannya dan keberadaannya kini.

Cara Lengkap Membuat Company Profil Perusahaan

Sebenarnya ada jasa membuat company profil yang kini disediakan di pasaran. Harganya tidak mahal, bahkan ada yang di bawah seratus ribu rupiah. Pembuatan profil perusahaan dengan bantuan jasa tertentu biasanya akan memberikan hasil yang memuaskan.

Perusahaan sudah tahu apa yang akan dibuat, bagaimana desainnya, dan apa saja yang membuat orang lain tertarik.

Namun, ada orang yang lebih menyukai segala sesuatu yang dibuat sendiri karena ruhnya akan terbawa dalam setiap lembar profil. Jika membutuhkan sesuatu yang lebih, baru menggunakan jasa pembuat company profil.

Anda termasuk salah seorang yang lebih suka membuat sendiri profil perusahaan? Yuk, ikuti langkah-langkah ini dalam membuatnya.

  1. Menentukan Identitas Perusahaan

Anda harus mengetahui terlebih dahulu produk yang akan ditawarkan kepada orang lain saat membuat profil. Setelah itu, tentukan pula nilai-nilai yang akan diterapkan kepada karyawan, segmen atau target pasar, dan tujuan penulisan profil perusahaan.

  1. Mencari Penulis

Bentuk profil yang paling sederhana memadukan tulisan dan gambar atau foto yang dimiliki.

Pastikan Anda mempunyai kemampuan copywriting yang baik sebelum membuatnya. JIka tidak, carilah penulis freelance untuk menuliskan semua ide yang dimiliki.

  1. Original

Jangan membuat company profil yang sama dengan orang lain karena ini merupakan identitas yang bersifatnya pribadi. Itu sama saja dengan Anda mencuri identitas orang lain.

Profil perusahaan harus original. Jangan meniru dan menyunting atau rewrite tulisan orang lain. Ruh atau jiwanya akan hilang karena yang dituliskan dan digambarkan bukanlah identitas asli bisnis. Jika Anda diminta mempresentasikan profil yang dibuat, maka akan kesulitan menjelaskan.

  1. Menentukan Gaya

Company profil ada berbagai bentuk dan gaya. Ada bentuk video, tulisan, website, e-book, dan lain-lain. Sementara gaya dapat berupa formal dan informal.

Anda dapat memastikan terlebih dahulu hal di atas sebelum membuatnya. Sesuaikan dengan target pasar yang ingin diraih.

  1. Membuat Outline

Setelah menentukan empat hal di atas, terakhir adalah membuat online. Outline dalam bahasa sederhana adalah kerangka. Tentukan urutan dari awal atau akhir yang sesuai yang ingin dibuat agar lebih mudah.

  1. Mencari Pembaca Pertama

Bagian akhir, cari pembaca pertama company profil yang dibuat dan mintalah kritik dan saran. Ini akan menyempurnakan profil yang dibuat dan kesesuaiannya dengan tujuan.

Tidak sulit ya membuat company profil perusahaan? Semua tergantung pada kemauan keras Anda untuk memajukan perusahaan. Semoga sukses!

Scroll to Top
Konsultasi? Hubungi Kami