Arti Warna dalam Logo Yang Perlu Anda Tahu

Sebagai pemilik usaha maupun desainer grafis Anda perlu mengetahui arti warna logo yang terkandung di dalam sebuah logo perusahaan. Pengetahuan tentang makna, warna baik dari segi psikologis maupun filosofis penting untuk diketahui.

Pasalnya warna dapat memberikan pengaruh positif maupun negatif secara emosional dari para penikmat visual.

Sebagai contoh, ada perusahaan marketplace yang menggunakan logo huruf dengan latar belakang warna oranye. Semua yang berhubungan dengan dirinya, semua dibuat berwarna oranye. Ini dapat dilihat mulai dari latar belakang dan pakaian bintangnya.

Mengapa perusahaan tersebut memilih warna oranye? Ternyata warna oranye dipilih karena menggambarkan konsumen yang sangat suka belanja. Diharapkan, tampilan warna yang disuguhkan akan membuat pemirsa yang awalnya tidak berkeinginan untuk berbelanja, akhirnya akan merasa membutuhkan sesuatu.

Dahsyat bukan pengaruh warna logo?

Arti Warna dalam Logo yang Wajib Anda Ketahui

Anda sudah tahu bagaimana warna logo mempengaruhi pemirsanya. Itu sebabnya, agar efektif Anda harus tahu dulu apa yang diinginkan dari sebuah logo sebelum membuat atau meminta jasa untuk mendesain.

Setelah itu kenali pula arti warna dalam logo, sehingga Anda tidak salah langkah dalam membuatnya.

Terdapat beberapa makna logo yang wajib Anda ketahui sebelum mengaplikasikannya ke dalam produk perusahaan. Warna logo dapat menentukan arah dan tujuan dari sebuah perusahaan berikut ulasannya.

 

 

  1. Biru

Biru seringkali diidentikkan dengan profesionalisme dan kepercayaan. Warna ini memang terbilang populer dipakai oleh perusahaan keamanan, keuangan maupun teknologi. Maka dari itu, Anda dapat mengetahui mayoritas logo pada aplikasi di smartphone kebanyakan memakai pilihan kombinasi biru.

  1. Orange

Warna ini terbentuk dari pencampuran antara warna kuning dengan merah. Warna tersebut dapat memberikan kesan kreatifitas, bahagia, bebas dan percaya diri. Pada umumnya perusahaan yang memilih warna ini memiliki budaya kerja dengan semangat kreativitas dan bebas sebagai warna pilihan perusahaan.

  1. Merah

Warna merah dapat memberikan kesan semangat, menarik perhatian, energi sekaligus kemarahan. Warna ini memang perlambang mempunyai emosi kuat seperti cinta sekaligus pemicu nafsu makan. Maka dari itu, tidak mengherankan pilihan warna ini banyak digunakan oleh bisnis maupun perusahaan cepat saji.

  1. Kuning

Penggunaan warna kuning dapat memberikan kesan bahagia sekaligus optimis. Pemakaian warna ini mudah menarik perhatian karena warna cerah dan mencolok. Warna kuning dipakai oleh perusahaan dengan jiwa muda dan kreativitas.

  1. Ungu

Pilihan warna ini dapat memberikan kesan makmur. Apabila warna ungu dipadukan dengan warna emas dapat menunjukkan kesan mewah dan kekayaan.

  1. Hijau

Pilihan warna ini memang berhubungan dengan alam. Pasalnya, warna itu adalah warna yang dapat membawa kesan alami dan sehat. Pada umumnya perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan dan ramah lingkungan memakai warna ini.

 

  1. Hitam

Pemilihan warna hitam dapat memberikan kesan klasik, puas, kekuatan dan elegan. Pemakaian merek fashion seringkali memilih warna ini menjadikan produknya terkesan eksklusif. Namun, pilihan warna tersebut bisa menunjukkan kesan negatif seperti ketakutan dan kematian.

Sebagai seorang desainer grafis maupun pemilik usaha, Anda perlu memahami pilihan warna yang tepat untuk jenis produk usaha dan budaya kerja dari sebuah perusahaan. Logo secara tidak langsung dapat memberikan kesan tersendiri yang disampaikan oleh perusahaan kepada konsumen.

Ingin membuat logo sekaligus konsultasi sebelum pembuatannya? Anda bisa menggunakan jasadesain.co.id. Perusahaan ini merupakan jasa digital marketing yang dapat membuatkan Anda logo dengan efektif dan efisien, dengan harga terbaik. Yuk, buktikan hasilnya!

Scroll to Top