Ketika Anda sedang merintis usaha atau bisnis, mengeluarkan sejumlah dana tertentu sering kali dirasakan sayang. Apalagi jika modal yang dimiliki sangat terbatas. Pada akhirnya, segala sesuatu dilakukan sendiri atau beberapa orang secara bergotong royong tanpa memikirkan profesionalisme. Yang penting usaha jalan dulu.
Akhirnya: membuat proposal, membuat logo, marketing, membuat iklan, hingga operasional produk tidak dilakukan oleh orang yang berpengalaman. Semua serba sendiri dan seadanya. Padahal tindakan Anda yang demikian tidak selalu benar lho! Maksus hati untuk berhemat, hasilnya tidak optimal.
Misalnya, Anda ingin membuat kaos distro yang biasanya dilihat orang dari bahan dan desainnya. Untuk berhemat, kamu belanja sendiri dan mendesain tulisan dan gambar sendiri. Begitu pula dengan logo atau mereka usaha.
Akan tetapi karena Anda bukan orang yang ahli dalam bidang desain, hasil tidak maksimal. Penjualan biasa-biasa saja karena tidak terlalu menarik. Sementara harga kaos kurang bersaing karena saat berbelanja bahan pokok harganya sudah lebih tinggi daripada yang lain.
Saatnya Anda Membutuhkan Jasa Desain Grafis
Salah satu hal yang sering dianggap remeh dan dianggap bisa dilakukan sendiri adalah membuat logo. label atau kemasan produk, dan desain iklan. Kecuali Anda memang ahli di bidang desain grafis, carilah orang yang ahli dan berpengalaman untuk hal tersebut. Di dalam dunia usaha, mereka disebut jasa desain grafis.
Anda memerlukan jasa ini karena beberapa alasan berikut.
- Memberikan Kesan Berbeda pada Produk
Desain yang paling sering digunakan untuk sebuah bisnis atau usaha adalah logo, desain iklan, dan kemasan atau merek.
Anda memerlukan desain khusus agar nampak berbeda dengan yang lain dan lebih dulu ada.
Misalnya, Anda membuka usaha kafe. Jika menggunakan tanda papan reklame yang hanya mencantumkan nama saja tentu tidak menarik. Namun, tentu tidak boleh sama dengan tulisan dan slogan orang lain. Anda juga harus menampilkan kesan yang berbeda dengan kafe lain meski yang ditawarkan sama-sama kopi.
- Menunjukkan Kredibilitas dan Profesionalisme
Memiliki logo dan merek dagang atau usaha sendiri akan meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme.
Usaha Anda akan tampak lebih sungguh-sungguh dikelola. Apalagi jika rekan kerja atau calon partner yang melihatnya. Tidak ada keraguan bahwa Anda serius menjalankan bisnis.
- Branding Perusahaan
Selain manfaat di atas, Anda menampilkan sesuatu yang berbeda dengan logo dan lain-lain. Sesuatu yang mudah diingat hanya dengan melihatnya saja. Bukan hanya berbeda warna tulisan atau background.
Coba Anda bayangkan, apa yang diingat dari sabun pencuci piring? Warna hijau dan gambar piring di depan kemasa. Warna yang kemudian diikuti oleh banyak produk sejenis, tetapi yang Anda ingat hanya satu merek.
Itu artinya, logo dan kemasan produk telah membuat brandingnya sendiri. Meski belum membeli saat ini, orang mengingatnya untuk bertransaksi lain kali.
- Menyatukan Ide dengan Visi dan Misi
Logo dan kemasan menyatukan ide dengan visi dan misi. Biasanya, lekukan dan warna yang ada bukanlah sekadar hiasan.
Yang paling mudah, Anda dapat mengingat logo ASEAN, bendera negara, dan lain-lain. Setiap garis, gambar, dan tulisan dimaknai tujuannya.
- Menyampaikan Pesan Tertentu
Hampir sama dengan poin sebelumnya, desain bisnis yang dibuat mampu menyampaikan pesan tertentu.
Misalnya, desain kaos distro yang menyampaikan pesan sosial dan lingkungan atau gambar piring pada sabun pencuci piring yang menunjukkan cara mudah membersihkan piring.
- Meningkatkan Penjualan
Semua alasan di atas, mempunyai tujuan akhir: meningkatkan penjualan. Jika logo, desain kemasan, dan lain-lain sudah diingat orang lain, mereka akan datang saat membutuhkan.
Apa yang palng penting menurut Anda dari sekian alasan di atas? Yang pasti, membuat desain produk secara optimal seperti yang diberikan jasa desain grafis sangat penting. Usaha atau bisnis menjadi lebih cepat mengalami pencapaian yang diinginkan.