Banyak orang yang mengatakan apalah arti sebuah nama. Padahal sebuah nama merupakan hal yang cukup penting bagi kehidupan kita. Nama merupakan sebuah gelar yang secara tidak langsung akan mengikuti kita dari dilahirkan hingga ke kuburan. Hal ini juga berlaku bagi perusahaan. Nama yang baik atau buruk akan mempengaruhi kelangsungan kegiatan perusahaan.
Mengapa Perusahaan Perlu Nama Merk?
Nama merek atau brand adalah salah satu aspek penting yang bisa menjadi suatu pertimbangan ketika sebuah perusahaan akan berdiri. Hal ini dikarenakan semua kegiatan perusahaan akan tergantung pada nama merek. Sehingga sebisa mungkin nama merk yang dipilih adalah nama yang bagus dan melambangkan kesuksesan perusahaan di masa depan yang berkelanjutan.
Sebuah brand perusahaan akan mencerminkan wajah perusahaan, sebagaimana nama seseorang mencerminkan pribadinya dan harapan yang diberikan orangtuanya kepadanya. Melalui nama merek inilah, para pendiri perusahaan menuangkan segala harap sehingga perusahaan akan berjalan dengan lancar ke depannya.
Nama yang baik akan berdampak pada pengelola perusahaan yang juga akan merasa semangat setiap kali pergi ke kantor. Sebaliknya, nama yang buruk juga bisa mempengaruhi psikologi karyawan. Nama merk perusahaan juga bisa mempengaruhi psikologi pembeli. Hal itu dikarenakan pembeli mudah mengingat nama merk perusahaan yang unik dan menarik serta memiliki nilai yang positif.
Berikut inhi adalah berbagai penyebab sebuah perusahaan memerlukan nama merk :
- Nama merk perusahaan bisa digunakan sebagi indikator kepercayaan konsumen pada perusahaan
Sebuah brand atau nama merk pastilah akan menjadi salah satu hal yang mempengaruhi tingkat kredibilitas perusahaan di mata konsumen. Hal ini menyebabkan nama merk merupakan salah satu hal yang harus dijaga dengan baik agar konsumen mampu mempertahankan kepercayaan mereka kepada perusahaan tersebut.
- Nama merk akan selalu digunakan dalam dokumen perusahaan
Perusahaan pasti akan selalu perlu mencantumkan nama merk perusahaan mereka untuk setiap dokumen kerjasama mereka dengan pihak lain. Oleh karena itu nama merk merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan.
- Nama merk perusahaan berguna untuk mendaftarkan paten ke Dirjen HAKI
Sebuah perusahaan pastilah perlu mendaftarkan brand mereka ke Direktorat Jendral Hak dan Kekayaan Intelektual (Dirjen HAKI). Hal ini berguna untuk membatasi akses pihak luar untuk ikut campur tangan terhadap brand perusahaan. Hak paten maupun hak merk yang dimiliki oleh perusahaan akan melindungi produk perusahaan dan memberikan payung hukum terhadap perusahaan.
Cara Memberikan Nama Merk Perusahaan
Setelah mengetahui manfaat nama merk bagi suatu perusahaan, maka kita perlu menerapkan pemberian nama merk perusahaan yang baik. Simak ulasan berikut ini apabila anda ingin mengetahui cara memberi nama merk perusahaan yang baik :
- Nama merk perusahaan harus yang mudah diingat
Nama yang unik dan singkat akan lebih mudah diingat dan meninggalkan kesan tersendiri di pikiran para pembeli. Nama merk yang baik hendaknya mencakup keseluruhan arti yang ingin diberikan oleh pendiri perusahaan kepada perusahaannya.
- Nama merek mudah diucapkan
Sebuah nama merek perusahaan hendaklah yang mudah diingat dan dianjurkan agar tidak melebihi 3 suku kata. Hal ini dikarenakan pengucapan nama merk yang terlalu panjang akan menyulitkan pembeli ketika hendak mengucapkan nama merk produk.
- Memiliki perbedaan dari nama merk produk lain
Untuk memilih nama merk, perusahaan harus melakukan penelitian apakah nama merk yang mereka luncurkan akan melanggar nama merk lain yang sudah terlebih dahulu diluncurkan. Hal ini agar tidak ada masalah hukum di kemudian hari.